MANAJEMEN ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY “L” UMUR 25 TAHUN P3A0 POST PARTUM NORMAL 7 JAM DI PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • Alfina Ayu Tri syafitri STIKES Jayapura
  • riswati toba STIKES Jayapura
  • susi lestari STKES Jayapura
  • tiyan febriyani lestari SRIKES Jayapura

Abstract

Latar Belakang : Asuhan kebidanan berkelanjutan (komprehensif) adalah  asuhan kebidanan yang diberikan kepada klien masa nifas, bayi baru lahir (BBL), dan juga KB dengan memberikan pelayanan secara menyeluruh dan berkesinambungan. Oleh karena itu program pemerintah memerlukan bantuan bidan dalam memberikan pelayanan secara komprehensif. Tujuan  : Memberikan asuhan kebidanan secara komprehensif pada nifas, bayi baru lahir (BBL), neonatus dan KB dengan menggunakan  pendekatan manajemen kebidanan 7 langkah varney dan pendokumentasian SOAP pada Ny. “L” umur 25 tahun P3A0 post partum normal di Puskesmas Sentani Kabupaten Jayapura. Asuhan ini diberikan sejak tanggal 16 desember sampai dengan 28 januari 2022. Metode : Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan studi kasus (case study). Instrumen yang digunakan yaitu pedoman, observasi, wawancara dan pendokumentasian dalam bentuk format asuhan kebidanan 7 langkah varney dan pendokumentasian SOAP.

Hasil : Disimpulkan bahwa dari setiap kunjungan yang di lakukan sejak masa nifas hingga KB terdapat kesesuaian antara teori dan juga kenyataan yang didapat.

Kesimpulan : setiap asuhan yang diberikan sejak masa nifas sampai dengan KB sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh klien dimana asuhan yang diberikan berlangsung normal tanpa adanya penyulit.

Kata Kunci : Manajemen, Asuhan, Kebidanan, Komprehensif, Nifas, Bayi Baru Lahir dan KB

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

syafitri, A. A. T., toba, riswati ., lestari, susi, & lestari, tiyan febriyani. (2023). MANAJEMEN ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY “L” UMUR 25 TAHUN P3A0 POST PARTUM NORMAL 7 JAM DI PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA. Jurnal Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak, 6(2, Juni), 12=23. Retrieved from https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/JULKIA/article/view/167

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>