ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY ”K” SEJAK HAMIL SAMPAI DENGAN KELUARGA BERENCANA DI PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • erina mirip STIKES Jayapura
  • sri wahrini STIKES Jayapura
  • eftyaningrum dwi wahyu astutik STIKES Jayapura

Abstract

Asuhan kebidanan komprehensif adalah asuhan yang diberikan oleh bidan dari mulai masa kehamilan, persalinan, bayi baru lahir, nifas, dan penggunaan KB yang bertujuan untuk memberikan pelayanan berkualitas untuk mencegah terjadinya kematian ibu dan anak.

Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan manajemen asuhan kebidanan secara komprehensif menggunakan tujuh langkah varney dan SOAP pada Ny ”K” Umur 23 Tahun G1 P0 A0 Usia Kehamilan 30 Minggu.

Hasil studi kasus pada pemeriksaan asuhan kehamilan dilakukan sebanyak 3 kali kunjungan pada tanggal 28 Desember 2020 hingga 20 Februari 2021 dengan prioritas menjaga kesehatan ibu dalam pemuhan gizi, pemantauan tumbuh kembang janin dan persiapan persalinan hingga kunjungan ketiga tanggal 20 -02 2021. Ibu bersalin tanggal 26 Februari 2021 namun tidak diikuti proses persalinan. Tanggal 28 Februari 2021, penulis memberikan asuhan kebidnaan berupa perawaan nifas, bayi baru lahir dan keluarga berencana.

Kesimpulan dari asuhan kebidanan ini adalah mahasiswa mampu melakukan asuhan secara komprehensif pada kehamilan hingga keluarga berencana denga nadanya bina hubungan kerjasama yang baik dengan pasien.

Downloads

Published

2023-02-01

How to Cite

mirip, erina, wahrini, sri, & astutik, eftyaningrum dwi wahyu. (2023). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY ”K” SEJAK HAMIL SAMPAI DENGAN KELUARGA BERENCANA DI PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA. Jurnal Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak, 6(1, Januari), 1–10. Retrieved from https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/JULKIA/article/view/165

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.