ASUHAN KEBIDANAN NEONATUS PADA BAYI NY “E” UMUR 3 HARI NORMAL DI PUSKESMAS SENTANI

Authors

  • demi kogoya STIKES Jayapura
  • tiyan febriyani lestari STIKES Jayapura
  • yanes ohee STIKES Jayapura
  • Eftyaningrum Dwiwahyu Astutik STIKES Jayapura

Abstract

Latar Belakang: Bayi baru lahir normal adalah bayi yang lahir dangan umur kehamilan 37 minggu sampai 42 minggu dan berat lahir 2500 gram sampai 4000 gram (Saifud, 2009). Sedangkan, asuhan pada bayi baru lahir normal adalah asuhan yang diberikan pada bayi baru lahir tersebut selama satu jam pertama setelah kelahiran, sebagian besar bayi yang baru lahir akan menunjukkan usaha nafas spontan dengan sedikit bantuan. (Prawirohardjo, 2012). Adapun permasalahan yang terjadi pada bayi baru lahir adalah asfiksia neonatorum, ikterus, perdarahan tali pusat, kejang, BBLR, hipotermi, dll. (Muslihatun, 2010).

Tujuan: Melakukan asuhan kebidanan kebidanan pada Neonatus normal Menggunakan 7 langkah varney dan soap pada bayi Ny.” E” Umur 3 hari di Puskesmas Sentani Kabupaten Jayapura. Asuhan ini diberikan sejak tanggal 06 september  sampai dengan 10 april 2022.

Metode: Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan studi kasus (case study). Instrumen yang digunakan yaitu pedoman, observasi, wawancara dan pendokumentasian dalam bentuk format asuhan kebidanan 7 langkah varney dan pendokumentasian SOAP.

Hasil: Disimpulkan bahwa dari setiap kunjungan yang di lakukan masa neonatus terdapat kesesuaian antara teori dan juga kenyataan yang didapat.

Kesimpulan: setiap asuhan yang diberikan masa Neonatus sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan dimana asuhan yang diberikan sesuai prosedur

Kata Kunci:  Asuhan, Kebidanan, Neonatus

Daftar Pustaka: 42 (2010-2021)

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

kogoya, demi, lestari, tiyan febriyani, ohee, yanes, & Astutik, E. D. . (2023). ASUHAN KEBIDANAN NEONATUS PADA BAYI NY “E” UMUR 3 HARI NORMAL DI PUSKESMAS SENTANI. Jurnal Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak, 6(1, Januari). Retrieved from https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/JULKIA/article/view/170