ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY. “S” UMUR 37 TAHUN G4P3A0 USIA KEHAMILAN 37 MINGGU 4 HARI DENGAN FAKTOR RISIKO DI PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • Alesya Vebriani STIKes Jayapura
  • Wiwit Vitania STIKes Jayapura

Keywords:

kehamilan, persalinan, masa nifas, neonatus, keluarga berencana

Abstract

Latar belakang : Pelayanan yang berupa asuhan kebidanan komprehensif yang menyangkut kehamilan, persalinan, masa nifas, neonatus dan KB. Pada saat memberikan asuhan kebidanan komprehensif pada kehamilan, bidan akan menganjurkan ibu untuk melakukan kunjungan antenatal. Kunjugan antenatal dimana Terdapat cakupan K1, cakupan K1 adalah pelayanan kunjungan pertama ke fasilitas pelayanan kesehatan, dan K4 adalah ibu hamil yang telah mendapatkan pelayanan antenatal sesuai standar, agar bidan bisa berfokus pada pencegahan terjadinya komplikasi maupun penyulit lainnya.

Tujuan : Memberikan asuhan kebidanan secara komprehensif pada kehamilan, persalinan, masa nifas, bayi baru lahir (BBL), dan KB dengan melakukan asuhan kebidanan melalui pendekatan manajemen kebidanan menurut 7 langkah Varney.

Metode : metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan studi penelaan kasus (Case study). Instrument yang digunakan yaitu pedoman observasi, wawancara,dan studi dokumentasi dalam bentuk format asuhan kebidanan 7 langkah Varney dan  pendokumentasian SOAP.

Hasil : Disimpulkan bahwa dalam setiap kunjungan yang dilakukan sejak masa kehamilan dan masa nifas terdapat kesesuaian antara teori dan kasus namun terdapat juga kesenjangan antara teori dan kasus yang terjadi.

Kesimpulan : Bahwa setiap asuhan yang diberikan dari masa kehamilan sampai masa nifas sesuai dengan kebutuhan klien namun umur ibu memasuki faktor resiko karena usia reproduksi wanita mulai sejak usia 20-35 tahun sedang klien berusia 37 tahun.

 

Kata kunci : kehamilan,persalinan,masa nifas,neonatus dan keluarga berencana 

 

Author Biographies

Alesya Vebriani, STIKes Jayapura

Kebidanan

Wiwit Vitania, STIKes Jayapura

Kebidanan

Downloads

Published

2021-01-10

How to Cite

Vebriani, A. ., & Vitania, W. . (2021). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY. “S” UMUR 37 TAHUN G4P3A0 USIA KEHAMILAN 37 MINGGU 4 HARI DENGAN FAKTOR RISIKO DI PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA. Jurnal Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak, 4(1, Januari), 1–13. Retrieved from https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/JULKIA/article/view/90

Most read articles by the same author(s)