ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY ”M” DENGAN ANEMIA SEJAK HAMIL SAMPAI DENGAN KELUARGA BERENCANA DI PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • emira telenggen STIKES Jayapura
  • wiwit vitania STIKES Jayapura
  • susi lestari STIKES Jayapura

Abstract

Anemia pada ibu hamil meningkatkan resiko kelahiran Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR), risiko perdarahan sebelum dan saat persalinan, bahkan dapat menyebabkan kematian ibu dan bayinya jika ibu hamil tersebut menderita anemia berat. Hal ini tentunya dapat memberikan sumbangan besar terhadap angka kematian ibu bersalin maupun angka kematian bayi. Asuhan kebidanan komprehensif bertujuan untuk memberikan pelayanan berkualitas untuk mencegah terjadinya kematian ibu dan anak.

Penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan manajemen asuhan kebidanan secara komprehensif menggunakan tujuh langkah varney dan SOAP pada Ny ”Ny ”M” umur 24 tahun G4P3A0 usia kehamilan 37 minggu.

Hasil studi kasus pada pemeriksaan asuhan kehamilan dilakukan sebanyak 4 kali kunjungan rumah dimulai dari tanggal 18-01-2021, 08 Februari 2021 dengan mengidentifikasi pemantauan pertumbuhan dan perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil dengan memprioritaskan penanganan anemia dalam kehamilan serta persiapan persalinan yang dilaksanakan tanggal 8 Februari 2021 di tolong oleh bidan. Selanjutnya tanggal 10 Februari 2021 melakukan asuhan kebidanan nifas dan bayi baru lahir dilanjutkan tangga 15 Februari 2021 dan 22 Februari 2021 dengan menganjurkan personal hygiene, mobilisasi, perawatan diri, pemenuhan asupan nutrisi serta memberikan ibu masukan tentang keluarga berencana dan perawatan bayi baru lahir serta pemantauan pertumbuhan ke posyandu.

Kesimpulan penanganan asuhan kebidaan yang tepat dan adnya kunjungan rumah, sehingga keadaan janin dan ibu dalam keadaan sehat serta pada masa nifas dapat berjalan dengan lancar dan normal. Asuhan kebidanan ini dapat telaksana dengan baik berkat adanya kerjasama penulis dan klien.

 

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

telenggen, emira, vitania, wiwit, & lestari, susi . (2023). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA NY ”M” DENGAN ANEMIA SEJAK HAMIL SAMPAI DENGAN KELUARGA BERENCANA DI PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA. Jurnal Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak, 6(2, Juni), 24–31. Retrieved from https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/JULKIA/article/view/164

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>