MANAJEMEN ASUHAN KEBIDANAN PADA NY.B UMUR 25 TAHUN G2P1A0 USIA KEHAMILAN 30 MINGGU 4 HARI DENGAN PREEKLAMPSIA BERAT DI RUANG NIFAS RUMAH SAKIT DIAN HARAPAN KOTA JAYAPURA

Authors

  • Mita Anggraeni STIKes Jayapura
  • Susi Lestari STIKes Jayapura

Keywords:

kehamilan, Preeklampsia Berat

Abstract

Latar belakang : Preeklampsia merupakan penyulit kehamilan yang akut dan dapat terjadi ante, intra, dan post partum. Secara teoritis urutan-urutan gejala yang timbul pada preeklampsia yaitu odema, hipertensi dan proteinuria. Preeklampsia secara global terjadi pada 0,5% kelahiran hidup dan 4,5% hipertensi dalam kehamilan. Preeklampsia dapat menyebabkan kerusakan ginjal, hati, odema paru dan perdarahan serebral, sedangkan pada janin dapat menyebabkan fetal distress, Intrauterin Fetal Growth Restriction (IUGR) dan solusio plasenta (Prawirodardjo, 2012).

Metode : Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan studi penelaan kasus (Case study). penelitian dilaksanakan di Rumah Sakit Dian Harapan sampel penelitian ini My.B Umur 25 tahun G2P1A0 Usia Kehamilan 30 Minggu 4 Hari Dengan Preeklampsia Berat. Instrument yang digunakan yaitu pedoman observasi, wawancara,dan studi dokumentasi dalam bentuk format asuhan kebidanann7 langkah Varney dan  pendokumentasian SOAP.

Hasil : Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil  My.B Umur 25 tahun G2P1A0 Usia Kehamilan 30 Minggu 4 Hari Dengan Preeklampsia Berat Di Rumah Sakit Dian Harapan telah sesuai dengan standar asuhan kebidanan. Hasil pengkajian yang dilakukan pada tanggal 20 April 2019 Ny B merasakan nyeri perut bagian bawah, sakit kepala dan bengkak pada tangan dan kaki.  Dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah Hemoglobin (HB), USG dan Protein Urine.dan diberikan Asuhan kebidanan untuk penanganan Preeklampsia Berat.

Kesimpulan : Ny.”B” dengan Preeklampsia Berat anjurkan pada ibu untuk mengurangi rutinitas yang dapat memicu lelah dan lainnya guna membantu ibu mengembalikan menjaga kesejahteraan pasien. beritahu ibu KIE tentang preekslampsia, beritahu ibu tentang tanda bahaya kehamilan yaitu bengkak di kaki dan wajah, sakit kepala yang berat disertai kejang,  pandangan/penglihatan kabur, ketuban pecah sebelum waktunya, ibu tidak merasakan gerakan janin atau gerakan janin berkurang. Jika terdapat tanda-tanda tersebut segera memanggil petugas kesehatan, anjurkan ibu untuk istirahat yang cukup dan berikan ibu obat.

.

 

Kata kunci : kehamilan, Preeklampsia Berat

Author Biographies

Mita Anggraeni, STIKes Jayapura

Kebidanan

Susi Lestari, STIKes Jayapura

Kebidanan

Downloads

Published

2018-08-10

How to Cite

Anggraeni, M. ., & Lestari, S. . (2018). MANAJEMEN ASUHAN KEBIDANAN PADA NY.B UMUR 25 TAHUN G2P1A0 USIA KEHAMILAN 30 MINGGU 4 HARI DENGAN PREEKLAMPSIA BERAT DI RUANG NIFAS RUMAH SAKIT DIAN HARAPAN KOTA JAYAPURA. Jurnal Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak, 2(2, Agustus), 55–62. Retrieved from https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/JULKIA/article/view/57

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>