GAMBARAN PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMK YPKP SENTANI KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • Ariyanto D Saputra STIKes Jayapura
  • Nurhidayah Amir STIKes Jayapura
  • Arvia Arvia STIKes Jayapura
  • Susi Lestari STIKes Jayapura

Keywords:

Pengetahuan, Kesehatan Reproduksi remaja

Abstract

Latar belakang: Kesehatan reproduksi adalah kesehatan secara fisik, mental dan kesejahteraan sosial secara utuh pada semua hal yang berhubungan dengan sistem dan fungsi, serta proses reproduksi dan bukan hanya kondisi yang bebas dari penyakit dan kecatatan.

Metode Penelitian: Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan pendekatan cross sectonal. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah remaja kelas XI di semua jurusan dengan mengunakan minimal sample sebanyak 30 orang dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 24 pertanyaan dan kuesioner menggunakan skala Guttman.

Hasil penelitian: Dari 30 responden yang diteliti didapatkan umur responden terbanyak adalah usia 16 tahun, dengan jumlah 24 orang (80%) dan usia 15 tahun dengan jumlah 6 orang (20%). Jenis kelamin responden terbanyak adalah wanita, dengan jumlah 24 orang (80%) dan pria dengan jumlah 6 orang (20%). Pengetahuan kesehatan reproduksi menunjukan hasil kategori baik berjumlahh 21 remaja (70%), sedangkan pengetahuan cukup berjumlahh 8 remaja (26,7%) dan yang memiliki pengetahuan kurang hanya 1 orang  (3,3%). Kesimpulan: Dari hasil penelitian diketahui pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi di SMK YPKP Sentani dalam kategori baik.

 

Kata kunci : Pengetahuan, Kesehatan Reproduksi remaja

Author Biographies

Ariyanto D Saputra, STIKes Jayapura

Keperawatan

Nurhidayah Amir, STIKes Jayapura

Kebidanan

Arvia Arvia, STIKes Jayapura

Keperawatan

Susi Lestari, STIKes Jayapura

Keperawatan

Downloads

Published

2020-08-10

How to Cite

Saputra, A. D., Amir, N. ., Arvia, A., & Lestari, S. . (2020). GAMBARAN PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI SMK YPKP SENTANI KABUPATEN JAYAPURA. Jurnal Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak, 3(2, Agustus), 50–54. Retrieved from https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/JULKIA/article/view/61

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>