GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DALAM PEMBERIAN MP-ASI PADA BAYI DI PUSKESMAS SENTANI TAHUN 2018

Authors

  • Eka Fatmawati STIKes Jayapura
  • Sri Wahrini STIKes Jayapura
  • Wresni Andaningsi STIKes Jayapura
  • Susi Lestari STIKes Jayapura

Keywords:

Tingkat Pengetahuan, MP-ASI

Abstract

Latar Belakang: Pemberian MP–ASI dini sebelum usia enam bulan masih banyak dilakukan di negara berkembang seperti Indonesia. Hal ini akan berdampak terhadap kejadian infeksi yang tinggi seperti diare, infeksi saluran nafas, alergi hingga gangguan pertumbuhan. Berdasarkan data di Puskesmas Sentani pada bulan Januari sampai Desember 2016 jumlah bayi usia 0–6 bulan yaitu 1.148 bayi. Bayi yang diberi ASI hanya 285 bayi, diberi ASI dan MP–ASI berjumlah 323 bayi, sedangkan 540 bayi diberikan PASI dan MP–ASI.

Tujuan: Untuk memperoleh gambaran tingkat pengetahuan ibu tentang pemberian MP-ASI pada bayi di Puskesmas Sentani tahun 2018.

Metode: Penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional, jumlah sampel 44 orang dengan tekhnik non probability sampling.

Hasil: Ibu berumur 20-35 tahun memiliki pengetahuan cukup sebanyak 34,1%. Ibu berpendidikan menengah (SMP/SMA) memiliki pengetahuan cukup sebanyak 36,4%. Ibu tidak bekerja memiliki pengetahuan cukup 40,9% dan ibu mempunyai paritas primipara berpengetahuan cukup 29,5%.

Kesimpulan: Pengetahuan ibu tentang pemberian MP-ASI pada bayi di Puskesmas Sentani rata-rata memiliki pengetahuan cukup.

 

Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, MP-ASI

Author Biographies

Eka Fatmawati, STIKes Jayapura

Kebidanan

Sri Wahrini, STIKes Jayapura

Kebidanan

Wresni Andaningsi, STIKes Jayapura

Kebidanan

Susi Lestari, STIKes Jayapura

Kebidanan

Downloads

Published

2018-07-10

How to Cite

Fatmawati, . E. ., Wahrini, S. ., Andaningsi, W. ., & Lestari, S. . (2018). GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DALAM PEMBERIAN MP-ASI PADA BAYI DI PUSKESMAS SENTANI TAHUN 2018. Jurnal Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak, 1(2, Juli), 63–67. Retrieved from https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/JULKIA/article/view/51

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>