GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • Emawati Wonda STIKes Jayapura
  • Dionesia Pri Utami STIKes Jayapura
  • Pranita Pranita STIKes Jayapura
  • Susi Lestari STIKes Jayapura

Keywords:

Pengetahuan, Bayi Berat Lahir Rendah

Abstract

Latar Belakang : Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) adalah bayi dengan berat lahir kurang dari 2.500 gram. Perawatan bayi dengan BBLR membutuhkan perhatian khusus, sehingga pengetahuan ibu hamil tentang BBLR sangat penting dalam mencegah terjadinya bayi lahir dengan BBLR. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu hamil tentang Bayi Berat Lahir Rendah di  Puskesmas Sentani Kabupaten Jayapura.

Jenis Penelitian : Deskriptif dengan pendekatan crossectional study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu hamil di Puskesmas Sentani sebanyak 734 orang dengan jumlah sampel sebanyak 88 responden. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan dianalisis secara univariat.

Hasil penelitian : Gambaran pengetahuan ibu hamil tentang bayi berat lahir rendah sebagian besar ibu hamil di Puskesmas Sentani tahun 2018 berpengetahuan cukup sebanyak 44 (50%) responden. Pengetahuan ibu hamil berdasarkan umur tertinggi pada ibu yang berumur 20-35 tahun sebanyak 42 (57,5%) responden dengan pengetahuan cukup. Berdasarkan pendidikan, data tertinggi terdapat pada ibu dengan pendidikan menengah sebanyak 38 (70,4%) responden dengan pengetahuan cukup. Berdasarkan paritas tertinggi terdapat pada ibu dengan paritas multiipara sebanyak 30 (60%) responden dengan pengetahuan cukup.

Kesimpulan: Pengetahuan ibu hamil tentang bayi berat lahir rendah berdasarkan umur, pendidikan dan paritas dengan data tertinggi yaitu pengetahuan cukup. Oleh karena itu disarankan agar bidan lebih meningkatkan pelayanan kesehatan pada ibu hamil tentang bayi berat lahir rendah.

 

Kata Kunci        :   Pengetahuan, Bayi Berat Lahir Rendah

Author Biographies

Emawati Wonda, STIKes Jayapura

Kebidanan

Dionesia Pri Utami, STIKes Jayapura

Kebidanan

Pranita Pranita, STIKes Jayapura

Kebidanan

Susi Lestari, STIKes Jayapura

Kebidanan

Downloads

Published

2018-07-10

How to Cite

Wonda, E. ., Utami, D. P. ., Pranita, P., & Lestari, S. (2018). GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA. Jurnal Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak, 1(2, Juli), 68–76. Retrieved from https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/JULKIA/article/view/52

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>