GAMBARAN KONSEP DIRI REMAJA DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 SENTANI KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • Jusmadini Baaka STIKES Jayapura
  • Rifki Sakinah Nompo STIKES Jayapura
  • Arvia Arvia STIKES Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.52646/snj.v1i2.72

Keywords:

Konsep Diri, Remaja, SMA

Abstract

Latar Belakang: Konsep diri individu tidaklah bawaan dari lahir tetapi timbul akibat adanya pengalaman, persepsi dan hasil belajar yang dialami oleh setiap individu. Konsep diri seseorang terbentuk dari proses belajar. Konsep diri pada remaja merupakan keadaan dimana remaja mampu menilai dirinya secara fisik, psikis, sosial, emosional, aspirasi, dan prestasi. Keperawatan jiwa konsep diri terdiri dari lima komponen; citra tubuh/ gambaran diri, harga diri, indentitas diri, peran, dan ideal diri. Remaja yang memiliki konsep diri positif cenderung menampilkan tingkah laku sosial yang positif, sedangkan remaja yang konsep diri kurang memandang dirinya negatif sehingga akan timbulnya konsep diri negatif. Dalam mengembangkan potensi diri, individu perlu memahami dirinya sendiri, dan mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya serta cara memahami dan mengetahui diri sendiri. Tujuan: Untuk mengetahui konsep diri remaja di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sentani Kabupaten Jayapura. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan persentase, dilakukan pada bulan Januari sampai Februari 2021. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 siswa/I, dengan kuesioner konsep diri yang terdiri dari 43 pernyataan positif dan negatif. Hasil: Konsep diri remaja dengan kriteria positif 31 orang (93.9%) dan konsep diri dengan kriteria negatif 2 orang (6.1%). Kesimpulan: Konsep diri bukanlah aspek yang dibawa sejak lahir, tetapi merupakan aspek yang dibentuk melalui interaksi individu dalam berbagai lingkungan, baik itu lingkungan keluarga maupun lingkungan lain yang lebih luas. Pada dasarnya konsep diri seseorang terbentuk dari lingkungan pertama yang paling dekat dengan individu, yaitu lingkungan keluarga, tetapi lama-kelamaan konsep diri individu akan berkembang melalui hubungan dengan lingkungan yang lebih luas, seperti teman sebaya.

Kata Kunci: Konsep Diri, Remaja, SMA

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jusmadini Baaka , STIKES Jayapura

Keperawatan

Rifki Sakinah Nompo, STIKES Jayapura

Keperawatan

Arvia Arvia, STIKES Jayapura

Keperawatan

References

Al Makin, M. Z. (2018). Hubungan antara persaingan saudara kandung dengan harga diri remaja. Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang.

Apriliyanti, A., Mudjiran., & Ridha, M. (2016). Hubungan konsep diri siswa dengan tingkah laku sosial siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, vol 2, nomor 2.

Aristya, D. N., & Rahayu, A. (2018). Hubungan dukungan sosial dan konsep diri dengan penyesuaian diri remaja Kelas X SMA Angkasa I Jakarta. Jurnal IKRAITH-Humaniora, vol 2, no 2.

Aulina, N. (2019). Konsep diri, kematangan emosi, dan perilaku bullying pada remaja. Jurnal Cognicia, vol 7, no 4. eISSN 2685-8428. http://ejournal.umm. ac.id/index.php/cognicia.

Azizah, L. M., Zainuri, I., & Akbar, A. (2016). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa: Teori dan Aplikasi Praktik Klinik. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

Beaty, J. J. (2013). Observasi Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Dewi, K. E. A. (2013). Gambaran Strategi Koping Pasien Dalam Menghadapi Kecemasan Pre Operasi di Ruang Rawat Inap RSUD Salatiga. Skripsi. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Diananda, A. (2018). Psikologi remaja dan Permasalahannya. Istighna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, Vol. 1, No 1. ISSN 1979-2824. http://e-journal.stit-islamic-village.ac.id/index. php/istighna.

Firnasyifa. (2004). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Derajat Depresivitas pada Pasien Pasca Stroke di Rumah Sakit "X" Bandung. Unpublish-Undergraduate thesis, Universitas Kristen Maranatha.

Hasibuan. (2012). Perbedaan Stres dan Koping Mahasiswa Kepribadian Tipe A dan Tipe B dalam Menyusun Skripsi. Skripsi. Universitas Sumatra Utara.

Hurlock, E. (2014). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ismiati. (2015). Problematika dan Coping Stress Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. Jurnal Al-Bayan Vol 21 (32) 15-27.

Jaya, K. (2015). Keperawatan Jiwa. Tanggerang: Binarupa Aksara.

Kinasih, A. A. R. (2019). Pengaruh pola asuh orangtua terhadap sibling rivalry pada siswa MTs. Wahid Hasyim 02 Dau Malang. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim.

Krisdiana, R. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Remaja Dengan Perilaku Sosial di SMA BPI 2 Kota Bandung. (Skripsi – Tidak Publikasi). Universitas Pasundan.

Linda, S. L. (2019). Pengaruh Intervensi Pendidikan Kesehatan Reproduksi dengan Metode Peer Group terhadap Konsep Diri Remaja di MAN 1 Kota Ternate. Jurnal Medikes (Media Informasi Kesehatan), 6(2), 155-166.

Masturah, A. N. (2017). Gambaran konsep diri mahasiswa ditinjau dari perspektif budaya. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2).

Meding. E. (2015). Konsep diri, dukungan sosial dan penyesuaian sosial mahasiswa pendatang di Bali. Jurnal Psikologi Indonesia, vol 4, no 02, hal 183-194.

Minarsi, M., Nirwana, H., & Syukur, Y. (2017). Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 1-14.

Nasrullah. (2014). Etika dan Hukum Keperawatan untuk Mahasiswa dan Praktisi Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka cipta.

Nourmalita, M. (2016). Pengaruh Citra Tubuh terhadap Gejala Body Dismorphic Disorder yang Dimediasi Harga Diri pada Remaja Putri. In Seminar ASEAN 2nd Psychology & Humanity. Psychology Forum UMM (pp. 546-555).

Putro,Z. K. (2017). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1).

Sutomo. (2010). Pertumbuhan dan Perkembangan Untuk Balita. Jakarta:Demedia.

Wawan, A., & Dewi, M. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Yusuf, A., Fitryaasari, R., & Nihayati, H. E. (2015). Buku Ajar Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika.

Downloads

Published

2021-06-29

How to Cite

Baaka , J. ., Nompo, R. S. ., & Arvia, A. (2021). GAMBARAN KONSEP DIRI REMAJA DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 SENTANI KABUPATEN JAYAPURA. Sentani Nursing Journal, 1(2), 111–118. https://doi.org/10.52646/snj.v1i2.72

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)