Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL
Sentani Nursing Journal merupakan jurnal publikasi ilmiah yang terbit sekali pada bulan Mei tahun 2017. Publikasi ilmiah ini berupa artikel dari hasil penelitian, literature review, aplikasi teori, design dan tulisan ilmiah lainnya dalam bidang Ilmu Keperawatan dan Ilmu Kesehatan.
Petunjuk Umum
1. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia dan belum pernah diterbitkan atau tidak sedang diajukan ke jurnal / media publikasi lain. Menggunakan bantuan hukum APA (American Psychological Association) edisi 6 tahun 2009.
2. Redaksi berhak mengedit tanpa mengubah arti, tidak ada surat menyurat. Tulisan yang tidak mempengaruhi akan syaratnya jika dilengkapi perangko.
3. Artikel diserahkan dalam bentuk hardcopy dan softcopy dengan alamat pengirim, nomor no hp / telepon dan alamat e-mail.
Penulisan Artikel
1. Artikel ditulis dengan jenis huruf Times New Roman, ditulis menggunakan kertas A4, ukuran front 12 dengan spasi 1,5. Jarak tepi kiri 4 cm, tepi kanan 3 cm, tepi atas 3 cm dan tepi bawah 3 cm. Panjang artikel maksimal 20 halaman dan diberikan nomor halaman pada tepi kanan bawah.
2. Judul: ditulis dengan cetak tebal huruf Times New Roman 12, nama (para) penulis ditulis lengkap tanpa pencantuman gelar dan alamat dengan alamat email.
3. Urutan: Abstrak (times new roman 12, spasi 1, terdiri dari 250 kata dimana terdapat: pendahuluan, metode, hasil, simpulan, saran,
iii
serta dilengkapi dengan 3-5 kata kunci yang dicetak miring). Pendahuluan (jelaskan latar belakang, permasalahan dan tujuan). Metode Menjelaskan penggunaan metode, tempat, waktu, sampel, instrumen, cara analisa data. Hasil dan Pembahasan (menjabarkan hasil penelitian berupa narasi dan ditunjang dengan data tabel jika perlu, serta pembahasan penguatan dari berbagai referensi). Kesimpulan (memuat garis besar dari penelitian awal hingga akhir). Saran (berisi perubahan / masukan yang diambil pada tempat pengambilan penelitian, implikasi keperawatan, dan peneliti selanjutnya). Daftar pustaka (seluruh referensi yang digunakan dalam artikel, diurutkan berdasarkan abjad tanpa penomoran, 30% dari jurnal penelitian dan 80% rujukan 10 tahun kebelakang).
4. Tabel: disusun berurutan, setiap tabel diberi judul singkat dan diatas tabel dengan huruf besar pada awal kata. Tabel maksimal 6 tabel, ditulis menggunakan ukuran front 10 dan spasi 1.
5. Foto / Gambar / Diagram: foto, gambar, dan diagram disusun berurutan, dan diberi judul yang singkat, diatas foto / gambar / diagram dengan jumlah maksimal 3 buah.