GAMBARAN PENGETAHUAN PASANGAN USIA SUBUR TENTANG PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) DI PUSKESMAS SENTANI TAHUN 2017

Authors

  • Petronela Henan STIKes Jayapura
  • Pranita KCN STIKes Jayapura
  • Siti Halima STIKes Jayapura
  • Susi Lestari STIKes Jayapura

Keywords:

Pengetahuan, Ibu, IVA Test

Abstract

Latar Belakang            : Di Indonesia pada tahun 2013, penyakit kanker serviks dan kanker payudara merupakan penyakit kanker dengan prevalensi tertinggi yaitu kanker serviks sebesar 0,8%. Berdasarkan data Puskesmas Sentani pada bulan Juli 2016 hingga Juli 2017 sebanyak 131 orang yang melakukan pemeriksaan IVA dan jumlah IVA positif sebanyak 23 orang, IVA negativ sebanyak 76 orang dan yang mengalami erosi/atau keputihan sebanyak 32 orang. Berdasarkan masalah tersebut, maka perlu untuk dilakukan penelitian.

Metode Penelitian : penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan pendekatan Cross sectional. Populasi sebanyak 131 dengan sampel sebanyak 57 ibu. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability dengan cara accidental sampling. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan analisa secara univariate.

Hasil : Hasil penelitian diketahui ibu dengan pengetahuan baik sebanyak 32 (56.1%), pengetahuan baik lebih banyak ditemukan pada pendidikan atas sebanyak 16 (28.1%), Pengetahuan baik lebih banyak ditemukan pada ibu dengan pekerjaan Formal sebanyak 22 (38.6%) dan pengetahuan baik lebih banyak ditemukan pada ibu Multipara sebanyak 15 (26.3%).

simpulan : Pengetahuan ibu tentang pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat baik berdasarkan pendidikan, pekerjaan dan paritas sebagian besar ibu berpengetahuan baik.

Saran   : Diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan ibu dengan cara memberikan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) kepada Pasangan Usia Subur tentang pemeriksaan Inspkei Visual Asam Asetat dengan memberikan penyuluhan IVA misalnya pada saat Posyandu, sehingga ibu yang belum pernah mengetahui tentang pemeriksaan IVA dapat mengetahui manfaat pemeriksaan IVA yaitu deteksi dini kanker serviks atau skrining mulut rahim.

Kata Kunci: Pengetahuan, Ibu, IVA Test

Author Biographies

Petronela Henan, STIKes Jayapura

Kebidanan

Pranita KCN, STIKes Jayapura

Kebidanan

Siti Halima, STIKes Jayapura

Kebidanan

Susi Lestari, STIKes Jayapura

Kebidanan

Downloads

Published

2018-07-10

How to Cite

Henan, P. ., KCN, P. ., Halima, S. ., & Lestari, S. . (2018). GAMBARAN PENGETAHUAN PASANGAN USIA SUBUR TENTANG PEMERIKSAAN INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT (IVA) DI PUSKESMAS SENTANI TAHUN 2017. Jurnal Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak, 1(2, Juli), 77–82. Retrieved from https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/JULKIA/article/view/53

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>