The LATIHAN TERAPI RELAKSASI OTOT PROGRESIF PADA NY. R UNTUK MENURUNKAN HIPERTENSI DI POSYANDU AL AQSHA WILAYAH KERJA PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA

LATIHAN TERAPI RELAKSASI OTOT PROGRESIF PADA NY. R UNTUK MENURUNKAN HIPERTENSI DI POSYANDU AL AQSHA WILAYAH KERJA PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • nasri anti stikes jayapura
  • Nasrianti nasrianti STIKES Jayapura
  • Yuliyanti Asda Djailani STIKES Jayapura
  • Nurhaniati Surbakti STIKES Jayapura
  • Nofita Dewi Kok Mesa STIKES Jayapura
  • Maria Sumartini STIKES Jayapura

Keywords:

Hipertensi, Lansia, Terapi Relaksasi Otot Progresif

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang: Hipertensi pada tahun 2022 tahun 2022 diperkirakan 1,28 miliar orang dewasa berusia 30-79 tahun di seluruh dunia. Salah satu terapi non farmakologi yang dapat dilakukan pada pasien hipertensi adalah dengan latihan terapi relaksasi otot progresif. Relaksasi otot progresif adalah terapi berupa gerakan yang diatur secara sistematis yang mengakibatkan pikiran dan tubuh kembali ke keadaan lebih rileks. Metode: metode yang digunakan dalam penyusunan Karya Ilmiah Akhir Ners ini menggunakan laporan studi kasus dengan metode ilmiah sesuai kaidah proses keperawatan yang meliputi: Pengakajian, analisis data, diagnosa keperawatan, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan dengan Evidence Based Nursing yaitu latihan terapi relaksasi otot progresif yang dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu dan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dilakukan selama 2 minggu berturut-turut dan memerlukan waktu selama 20-30 menit setiap tindakan. Hasil asuhan keperawatan: masalah keperawatan yang muncul pada studi kasus ini adalah nyeri kronis, gangguan pola tidur dan defisit pengetahuan. Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 2 minggu didapatkan hasil tekanan darah menurun 130/80 dari hasil pengakajian awal yaitu 159/90 mmHg, nyeri berkurang, pola tidur membaik dan pengetahuan mengenai penyakit meningkat. Lebih ditingkatkan lagi pengetahuan serta cara mengatur tekanan darah. Bagi puskesmas disarankan untuk memberikan penyuluhan kesehatan tentang hipertensi. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan pengembangan dengan metode yang lain untuk penyakit hipertensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aspiani, R. Y. (2015). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Klien Gangguan Kardiovaskular: Aplikasi NIC & NOC. Jakarta: EGC.

Finda Istiqomah, A. I. (2022). Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Pengetahuan Hipertensi Peserta Prolanis Perempuan di Puskesmas Brambang, Kabupaten Jombang. Media Gizi Kesmas, 159-165.

Junaedi Yunding, I. M. (2021). EFEKTIVITAS SENAM LANSIA TERHADAP PENURUNAN. BORNEO NURSING JOURNAL, 23-32.

Khairul Bahri, M. F. (2023). PENURUNAN TEKANAN DARAH DENGAN TEKNIK RELAKSASI OTOT PROGRESIF. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 52-61.

Lisma Natalia Br Sembiring, N. S. (2023). GAMBARAN FUNGSI KOGNITIF LANSIA. Sentani Nursing Journal, 1-10.

M.Ilham, A. H. (2019). EFEKTIVITAS TERAPI RELAKSASI OTOT PROGRESIF. Jurnal Akademika Baiturahman, 58-65.

Margiyati, A. S. (2023). PENERAPAN TERAPI RELAKSASI OTOT PROGRESIF UNTUK. JURNAL FISIOTERAPI DAN ILMU KESEHATAN SISTHANA, 27-33.

nasrianti, h., & patungo, v. (2024). PROVIDING EDUCATION ABOUT HYPERTENSION IN THE ELDERLY. jurnal kreativitas pengabdian masyarakat, 1140-1146.

Nurhidyah amir, R. S. (2022). STUDI LITERATURE: CARA MENURUNKAN HIPERTENSI DENGAN LATIHAN FISIK. MALAHAYATI NURSING JOURNAL, 259-270.

Rahmawati Ramli, M. N. (2020). Faktor yang Mempengaruhi Fungsi Kognitif Pada Lansia. Window Of nursing, 23-32.

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

anti, nasri, nasrianti, N., Djailani, Y. A. ., Surbakti, N. ., Mesa, N. D. K. ., & Sumartini, M. . (2024). The LATIHAN TERAPI RELAKSASI OTOT PROGRESIF PADA NY. R UNTUK MENURUNKAN HIPERTENSI DI POSYANDU AL AQSHA WILAYAH KERJA PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA: LATIHAN TERAPI RELAKSASI OTOT PROGRESIF PADA NY. R UNTUK MENURUNKAN HIPERTENSI DI POSYANDU AL AQSHA WILAYAH KERJA PUSKESMAS SENTANI KABUPATEN JAYAPURA. Sentani Nursing Journal, 7(2), 60–63. Retrieved from https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/snj/article/view/267

Issue

Section

Articles