The GAMBARAN FUNGSI KOGNITIF LANSIA DI POSYANDU KAMPUNG YAHIM KABUPATEN JAYAPURA

GAMBARAN FUNGSI KOGNITIF LANSIA DI POSYANDU KAMPUNG YAHIM KABUPATEN JAYAPURA

Authors

  • nasri anti stikes jayapura
  • Nur SIti Lia
  • Adryanus Manemi STIKES Jayapura

Keywords:

Fungsi Kognitif, Lansia, Posyandu

Abstract

Latar belakang: Lanjut usia (lansia) adalah seseorang yang sudah berusia 60 tahun ke atas. Dengan bertambahnya usia, fungsi fisiologis semakin menurun yang menyebabkan terjadinya gangguan fungsi kognitif seperti orientasi, bahasa, atensi, memori, fungsi konstruksi, kalkulasi dan penalaran. Tujuan penelitian: Mengetahui fungsi kognitif lansia di Posyandu Lansia Kampung Yahim Kabupaten Jayapura. Metode: Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi adalah lansia yang  teregister di Posyandu Lansia Kampung Yahim dengan jumlah sebanyak 35 orang dan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan dianalisis secara univariat. Hasil: sebanyak 12 orang (34,3%) dengan fungsi kognitif tidak terganggu, sebanyak 14 orang (40%) dengan fungsi kognitif ringan, sebanyak 6 orang (17,1%) dengan fungsi kognitif sedang dan sebanyak 3 orang (8,6%) dengan fungsi kognitif berat. Kesimpulan: Fungsi kognitif lansia sebagian besar dalam kategori ringan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Senja, A., & Prasetyo, T. (2021). Perawatan Lansia Oleh Keluarga dan Care Giver. Bumi Medika (Bumi Aksara).

BPS Pusat. (2022). Indonesia Dalam Angka. http://www. bps.go.id. diakses 30 Maret 2022.

BPS Kab. Jayapura.(2022). Kabupaten Jayapura Dalam Angka. http://www.bps. go.id. diakses 30 Maret 2022.

Cahyaningrum, E. D. (2022). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Fungsi Kognitif Lansia. Jurnal Surya Muda, 4(1), 27-36.

Harna, H., Arianti, J., & Nuzrina, R. (2020). Hubungan Asupan Zat Gizi Mikro Dan Aktivitas Fisik Dengan Fungsi Kognitif Lansia di Puskesmas Kebon Jeruk Jakarta Barat. Media Gizi Mikro Indonesia, 11(2), 117-126.

Fajriatin, A. N. A. (2020). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Keaktifan Lansia Dalam Mengikuti Kegiatan Posbindu (Studi Pada Lansia Di Posbindu Mekarsari Desa Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya)

Kemenkes RI. (2019). Buku Kesehatan Lanjut Usia. Jakarta: Kemenkes RI.

Kemenkes RI (2020). Infodatin Situasi dan Kesehatan Lansia. Jakarta: Kemenkes RI.

Notoatmodjo, S. (2012). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Pranata, L., Indaryati, S., & Fari, A. I. (2020). Pendampingan Lansia Dalam Meningkatkan Fungsi Kognitif Dengan Metode Senam Otak. Madaniya, 1(4), 172-176.

Djajasaputra, A. D. R., & Halim, M. S. (2019). Fungsi kognitif lansia yang beraktivitas kognitif secara rutin dan tidak rutin. Jurnal Psikologi, 46(2), 85-101.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif. R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukma, A. (2020). Hubungan Antara Aktivitas Fisik, Tingkat Pendidikan, Interaksi Sosial Dengan Fungsi Kognitif Pada Lansia Di Pantipelayanan Sosial Lanjut Usia (PPSLU) Sudagaran, Banyumas (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Susilojati, D. (2017). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kognitif Pada Lanjut Usia Di Posyandu Desa Banyubiru, Kabupaten Semarang (Doctoral dissertation, UNIMUS).

Downloads

Published

2024-08-13

How to Cite

anti, nasri, Lia, N. S., & Manemi, A. (2024). The GAMBARAN FUNGSI KOGNITIF LANSIA DI POSYANDU KAMPUNG YAHIM KABUPATEN JAYAPURA: GAMBARAN FUNGSI KOGNITIF LANSIA DI POSYANDU KAMPUNG YAHIM KABUPATEN JAYAPURA. Sentani Nursing Journal, 7(2), 64–76. Retrieved from https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/snj/article/view/264

Issue

Section

Articles