UJI EFEKTIVITAS SEDIAAN GEL EKSTRAK DAUN KEDONDONG (Spondias dulcis Forst) SEBAGAI OBAT LUKA BAKAR PADA KELINCI ( Oryctolagus cuniculus)

Penulis

  • hikmar ravensyah Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Makassar

Kata Kunci:

Spondias dulcis Forst, Gel, Wound Healing

Abstrak

Kedondong (Spondias dulcis Forst) merupakan salah satu tanaman obat tradisional yang memiliki banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit salah satunya yaitu luka bakar. Kandungan senyawa kimia pada kedondong menunjukkan bahwa daun kedondong mengandung senyawa saponin, flavonoid, dan tanin. Tujuan penelitian ini adalah untuk memformulasi sediaan gel luka bakar ekstrak daun kedondong (Spondias dulcis Forst) yang stabil dan untuk mengetahui konsentrasi yang efektif dari ekstrak daun kedondong (Spondias dulcis Forst) yang diformulasi dalam gel luka bakar terhadap penyembuhan luka bakar pada kelinci (Orictolagus cuniculus). Pengujian dilakukan dengan memformulasi sediaan gel dengan variasi konsentrasi ekstrak daun kedondong 2,5%, 5%, dan 10% serta dilakukan evaluasi kestabilan gel dan pengujian terhadap luka bakar pada punggung kelinci. Dari hasill penelitian diperoleh bahwa ekstrak daun kedondong dapat diformulasi dalam bentuk sediaan gel yang stabil secara fisik dan formula gel dengan konsentrasi ekstrak daun kedondong 10% memberikan efek yang signifikan terhadap formula dengan konsentrasi ekstrak daun kedondong 2,5% dan 5%.

Unduhan

Diterbitkan

20-09-2022

Cara Mengutip

ravensyah, hikmar. (2022). UJI EFEKTIVITAS SEDIAAN GEL EKSTRAK DAUN KEDONDONG (Spondias dulcis Forst) SEBAGAI OBAT LUKA BAKAR PADA KELINCI ( Oryctolagus cuniculus). Jurnal Farmasi Sains Dan Klinik, 1(1, Oktober), 37–47. Diambil dari https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/Jfsk/article/view/141