HUBUNGAN STATUS GIZI IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI PUSKESMAS BREBES KECAMATAN BREBES

Authors

  • Laelatul Mubasyiroh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kabupaten Brebes
  • Apriliyana Apriliyana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kabupaten Brebes

Keywords:

Status gizi, ibu hamil, berat bayi lahir rendah

Abstract

Zat gizi mempunyai arti ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya yaitu menghasilkan energy, membangun dan memelihara jaringan tubuh serta mengatur proses kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi ibu hamil dengan kejadian berat bayi lahir rendah di Puskesmas Brebes Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun 2019.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah case control. Populasi dalam penelitian adalah seluruh ibu bersalin yang melahirkan bayi di Wilayah Kelurahan Brebes Puskesmas Brebes pada tahun 2019 yang berjumlah 348 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan data sekunder dan analisis data dengan cara univariat dan bivariat menggunakan chi square atau alternative lainnya.

Hasil penelitian menunjukkan status gizi ibu hamil mempengaruhi terjadinya berat bayi lahir rendah. Analisis bivariat dengan menggunakan rumus chi-square atau alternatif lainnya menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi ibu hamil dengan kejadian berat bayi lahir rendah (p = 0,001 < 0,05),   ada hubungan yang signifikan antara status gizi ibu hamil dengan kejadian berat bayi lahir rendah di Puskesmas Brebes Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun 2019.).

 Disarankan bagi responden untuk ikut berpartisipasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang status gizi ibu hamil yang berpengaruh besar terhadap kejadian berat bayi lahir rendah.

 

 

Kata Kunci                    :Status gizi, ibu hamil, berat bayi lahir rendah

Author Biographies

Laelatul Mubasyiroh, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kabupaten Brebes

Kebidanan

Apriliyana Apriliyana, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kabupaten Brebes

Kebidanan

Downloads

Published

2018-08-10

How to Cite

Mubasyiroh, L. ., & Apriliyana, A. (2018). HUBUNGAN STATUS GIZI IBU HAMIL DENGAN KEJADIAN BAYI BERAT LAHIR RENDAH DI PUSKESMAS BREBES KECAMATAN BREBES. Jurnal Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak, 2(2, Agustus), 42–46. Retrieved from https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/JULKIA/article/view/55