ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA IBU HAMIL NY.R UMUR 26 TAHUN G2P1A0 USIA KEHAMILAN 38 MINGGU DI PUSKESMAS SENTANI TAHUN 2022

Authors

  • Inderyeta daundi STIKES Jayapua
  • tiyan Febriyani Lestari STIKES Jayapura
  • susi lestari STIKES Jayapura
  • dionesia pri utami STIKES Jayapura

Abstract

Latar Belakang :Asuhan Koprehensif adalah suatu upaya untuk pelayanan kebidanan yang diberikan kepada ibu hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir dan keluarga berencana untuk upaya mencapai derajat kesehatan yang optimal melalui pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan, menjamin keterjangkauan pelayanan kesehatan yang dibutuhkah dan melibatkan klien sebagai mitra dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelayanan kebidanan. Maka diperlukan pelayanan kebidanan secara promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif secara menyeluruh.

Tujuan :Mampu memberikan asuhan kebidanan komperenshif pada kehamilan trimester III, persalinan, Bayi baru lahir (BBL), nifas dan perencananan keluarga berencana di puskesmas Sentani dengan menggunakan pendekatan manajemen kebidanan 7 langkah Varney dan pendokumentasian dengan metode SOAP.

Metode : Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan studi penelaan kasus (case study). Instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi dalam bentuk format asuhan kebidanan 7 langkah varney dan pendokumentasian SOAP.

Hasil : disimpulkan bahwa dalam setiap kunjungan yang dilakukan sejak masa kehamilan  terdapat kesesuaian antara teori dan kenyataan yang terjadi namun adapula terjadi kesenjangan pada kasus yang diambil.

Kesimpulan : Setiap asuhan yang diberikan sejak awal kehamilan klien merasa nyaman dan sesuai dengan kebutuhannya

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

daundi, I., Lestari, tiyan F. ., lestari, susi, & utami, dionesia pri. (2023). ASUHAN KEBIDANAN KOMPREHENSIF PADA IBU HAMIL NY.R UMUR 26 TAHUN G2P1A0 USIA KEHAMILAN 38 MINGGU DI PUSKESMAS SENTANI TAHUN 2022. Jurnal Ilmiah Kesehatan Ibu Dan Anak, 6(1, Januari). Retrieved from https://ejournal.stikesjypr.ac.id/index.php/JULKIA/article/view/171